BULETIN

REDAKSI L-ZISWAF
PEMIMPIN UMUM
Ridho Rokamah, Msi
DEWAN PELINDUNG/DEWAN PENASEHAT
Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M. Ag
Aji Damanuri, M. E. I
Ely Masykuroh, M.S. I
KONSULTAN HUKUM
LKBHN IAIN Ponorogo
PEMIMPIN REDAKSI
Hanik Fitriani, M.E .Sy
KETUA REDAKSI
Budianto
REDAKTUR PELAKSANA
Muhammad Makhruf
SEKRETARIS REDAKSI
Dyah Ayu Habsyari
Dyah Rahayu Wijayanti
REPORTER
Vikhoirul
Salisa
Salsadila Nazelia
LAY-OUTER
Bella Rahmawati
Riya Kristiyani
Annisa Briliantsari
TIM EDITOR
Hanifatussya’diyyah
Arif
FOTOGRAFER
Ali Sukma
Zaenal Arifin
PUBLISHER
Farin Reza
Baidowi
Alvan Yahya

L-ZISWAFKU
Alhamdulillah, Labolatorium Zakat Infaq dan Shodaqoh telah menerbitkan bulletin L-ZISWAF edisi ketiga. Bulletin L-ZISWAF edisi ketiga ini berisi beberapa rubric yaitu, DENGAN INFAQ, SURGA JADI ‘TAK BERJARAK, L-Ziswafku Hebat, L-Ziswafku Ladang Akhirat, MY EVENT 2018, Peduli bencana korban bencana dan Kolom rehat.
Bulletin L-ZISWAF tampil untuk ikut member informasi sepanjang kegiatan Labolatorium, Zakat, Infaq, dan shodaqoh serta transparasi anggaran. Bulletin ini milik kita bersama, sehingga eksistensinya merupakan tanggung jawab kita bersama pula. Untuk itu sangat diharapkan partisipasi aktif mahasiswa IAIN PONOROGO berupa karya ilmiah dan tulisan ringan lainnya disamping kesediaan menjadi donatur.

DAFTAR ISI
1. DENGAN INFAQ, SURGA JADI ‘TAK BERJARAK
2. L-Ziswafku Hebat, L-Ziswafku Ladang Akhirat
3. MY EVENT 2018
4. Peduli bencana korban bencana
5. Kolom rehat

(TULISAN PERTAMA)
DENGAN INFAQ, SURGA JADI ‘TAK BERJARAK

Siang itu, disalah satu ruang kelas lantai empat. Diantara suara berisik kipas angis diatas kepala, dan suara mendayu seorang dosen bak dongeng pengantar tidur. Daku menundukkan kepala, (sok) mencatat materi. Meski kemudian fokus perhatian teralih pada syaithon berbentuk persegi panjang. Alias henpon, heuheuheuheu. Sambil sesekali nguap lebar sembari ngucek-ngucek mata. Dan jeng-jeng, tangan ini nyomot jajanan pula. Duh, duh.. pelajar seenak dengkulnya sendiri. Untuk Bapak Ibu dosen maapkan kendablekan ini, ndak sering-sering kok. Ehhh.Tepat dimenit kelima, jam mata kuliah terakhir berakhir. Yuhuuuiii. Daku masih asik fesbukan, ngepoin gosip artis terkini. Dan tiba-tiba ada suara horor dari dunia lain. Aihhh, lebay dah.
“Infaqqqqq, infaaaaq!” Teriak lantang preman eh bendahara kelas.
Glek! Dua suku kata itu sukses mengalihkan duniaku.
Memang di kampus tercintah ini, tepatnya di Laboratorium Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf memiliki program khusus yakni infaq day setiap hari selasa dengan metode setiap koordinator kelas mengambil kupon seharga 2000 pada hari senin dan kemudian menyetorkan kekantor L-Ziswaf yang dilayani oleh Mahasiswa Manajemen Zakat Wakaf gitu gennkkss. Kotak infaq Falkultas Syariah serta Falkultas Ekonomi dan Bisnis Islam sendiri dibuka rutin sebulan sekali dengan rentan tanggal 20-25 setiap akhir bulan kecuali hari libur semester. Disamping itu, berdasarkan hasil klasifikasi dan klarifikasi akad pada tanggal 1 mei 2018 bahwa untuk donator yang mengakadkan donaisnya berupa infaq total 88 orang dengan jumlah uang RP. 2. 465. 000 dengan metode potong gaji dan layanan jemput infaq oleh mahasiswa relawan.
Tidah hanya itu saja, ada program zakat nya juga loh. Berdasarkan hasil klasifikasi dan klarifikasi akad pada tanggal 1 mei 2018 bahwa untuk donatur yang mengakadkan donasinya berupa zakat total 59 orang dengan jumlah uang Rp. 3. 077. 000 dengan metode potong gaji setiap bulan. Dan juga Zakat Laboratorium Bank Syariah IAIN Ponorogo dengan jumlah yang variatif setiap bulan.
Tidak berhenti disitu saja guys, ada pula program arisan kurban yang pengaggalangan dananya dari dosen dan karyawan setiap periode dengan jumlah iuran Rp. 5000 / Rp. 50.000 persepuluh bulan. Juga kupon kurban yang dilaksanakan ketika mendekati momen idul adha dengan tujuan melatih kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan sekitar. Peka dong yaaaa.
Daku merogoh kantong dengan hasil nihil. Seolah amnesia kalo uang jajan hari ini ludes buat sedekah dikantin. Eh kalo dikantin itu mah namanya bukan sedekah tapi jajan nenggg. Ahihihi. Eh tapi yang paling penting nih guys, infaq day yang digalakkan oleh L-Ziswaf ini banyak banget hal positifnya. Bangga deh jadi bagian dari L-Ziswaf yang kece badai ini. Yuk, rajin-rajin infaq di L-Ziswaf. Dengan infaq, surga jadi tak berjarak.

(TULISAN KEDUA)
L-Ziswafku Hebat, L-Ziswafku Ladang Akhirat
Alohaaaa, genksss. Daku mau cuap-cuap sedikit nih tentang L-Ziswaf kita yang kece badai. Sebelum laboratorium kita ganti nama jadi L-Ziswaf, nama sebelumnya yakni Labzis. Berdirinya Labzis atau sekarang sudah bermetamorfosi menjadi L-Ziswaf ini ialah sebagai “Tri Dharma Perguruan Tinggi” gitu deh. Apa maksudnya yak? Disamping itu, alasan didirikan L-Ziswaf ini apa aja sih? Terus di L-Ziswaf ngapain aja memangnya? Terus lagi, dapat apa sih kalo kita jadi bagian dari L-Ziswaf? Aihhh, banyak kali pertanyaan ini. Selow, kalem..jadi begini, cekidooot.
Berdirinya L-Ziswaf sebagai Tri Darma ialah bermakna sebagai pendidikan, pengajaran dan penelitian serta pengabdian masyarakat. Selain itu alasan didirikan L-Ziswaf ini yang pertama ialah seringnya kampus tercintah ini mengisi acara terkait zakat, infaq, shafdaqah, dan waqaf di Kemenag Ponorogo dan Kemenag Madiun. Namun, mirisnya di kampus kita sendiri belum memiliki laboratorium yang mengelola zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf. Alasan yang kedua, yaitu lembaga menginginkan misi sebagai agent of change. Rata-rata lembaga yang berkecimpung dalam lembaga pengelolaan zakat masih berkisar pada pengelolaan zakat yang konsumtif. Hah, zakat konsumtif? Apaan lagi tuh? Zakat konsumtif itu misalnya zakat dikumpulkan muzakki dan dibagi secara konsumtif dibelikan paket sembako dan sebagainya. Maka zakat tersebut akan habiis dan tidak ada maknanya. Alasan yang ketiga, sesuai dengan term L-Ziswaf sebagai laboratorium, dimana dimaksudkan untuk menggerakkan mahasiswa sejak dini agar kenal dengan dunia filantropi islam melalui zakat infaq dan shodaqoh. Alasan yang keempat, keberadaan L-Ziswaf ini juga seklaigus memberikan contoh kepada lembaga lain agar ikut berkontribusi pada hal yang sama.
L-Ziswaf yang mengakomodir empat falkultas ini nggak mungkin dong jalan sendiri. Harus punya gandengan. Cielah, gandengan. Truk aja gandengan. Masak kamu enggak? Ahihihi. Eh setop, balik lagi ke topik. Maksudnya gandengan disini ialah mereka yang terlibat dalam kegiatan L-Ziswaf. Baik donatur, relawan, dan pihak-pihak yang lain yang ikut andil.
Jadi untuk Febi juga Fasya apabila mau donatur nih, tinggal datang aja ke Labzis yang letaknya ada dilantai satu gedung Febi. Ada dibelakangnya Aula gedung Febi, juga didekatnya pos satpam. Nanti relawan Labzis kita yang jaga akan sigap melayani. Seteah absen keperluan dan menyetor uang. Kita akan dapat kupon. Namun untuk Falkultas lain seperti Fatik dan Fuad, kita yang sambangin kesana. Soalnya kan memang posisi mereka yang dikampus satu, sementara kita di kampus dua. Biasanya ada kordinator sendiri buat dikumpulin ke satu pihak, biar gak ribet gitu pelaksanaannya. Jadi kita kesana ambil uang, terus diganti kupon kertas. Yups, mudah kan genks.
So, kalau udah gitu. Kita harus rajin nih, jadi donatur di Labzis. Karena apabila kita memberi, kita kan dapat ganti dari Allah kan. Bahkan Allah sudah janjikan sendiri melalui hadis dan al-Qurannya. Ada banyak sabda maupun dalil mengenai keutamaan memberi. Weitss..tapi tujuan hakiki memberi bukan buat dapet balasan ya. Memberi sebagian milik kita itu wujud rasa syukur kita, sebagai wujud kepeduliaan kita juga. jadi jangan mendangkalkan perihal memberi agar kita dapat balasan. Okeyy..sampai sini aja nih. Sampai jumpa di lain waktu. Ayo bersama-sama memberi sumbangsih untuk sesama dengan wujut nyata melalui Labzis. L-Ziswafku hebat, l-ziswafku ladang akhirat. Aamiin.

MY EVENT 2018
1. Upgrading metide pembelajaran Ummi untuk musyrif/musyrifah Falkultas Ekonomi dan Bisnis Islam pada tanggal 23-24 Maret 2018, Falkultas Syariah pada tanggal 17 Juli 2018, dan Falkultas Tarbiyah pada tanggal 7 Juni 2018. (data terlampir)
2. Santunan kepada anak yatim yang bekerjasama dengan KP21 pada tanggal 30 Mei 2018. Juga santunan anak yatim yang bekerja sama dengan mahasiswa PBA pada tanggal 9 Juni 2018. (data terlampir)
3. Santunan korban kecelakaan Mahasiswa atas nama Annisah Mahasiswi Perbankan Syariah pada tanggal 5 Maret 2018. (data terlampir)
4. santunan bela sungkawa mahasiswa atas nama Bella Novariza Mahasiswa PBA pada tanggal 9 Juli 2018.dan juga santunan Bela Sungkawa Mahasiswa atas nama Afif Sibtus Sholeh mahasiswa Perbankan Syariah pada tanggal 11 Juli 2018.(data terlampir)
5. Distribusi Kambing Kurban dari Arisan dan Infaq kupon kurban 21 Agustus 2018 yang bekerjasama dengan LP2M IAIAN Ponorogo ditempat KPM mahasiswa semester 7pada tiga kecamatan (Badegan, Sampung, Jambon). (Data terlampir)
6. Distribusi sembako dalam rangka bakti sosial bekerjasama dengan LP2M IAIN Ponorog ke lokasi KPM di tiga kecamatan . (data terlampir)

PEDULI BENCANA BERSAMA LABZIS
Sebagai bentuk keperduliaan kita juga untuk meringankan beban saudara kita yang berada di Lombok dan sekitarnya. Maka LABZIS mengadakan kegiatan galang donasi Lombok yang diikuti oleh jajaran Dosen, Mahasiswa, juga segenap warga. Keberlanjutan kegiatan galang donasi Lombok berlanjut pada bantuan untuk nbencana Lombok NTB dan sekitarnya pada tanggal 20 Agustus 2018. Perwakilan dosen datang ketempat kejadian untuk menyerahkan langsung bantuan yang sudah dikumpulkan. (data terlampir)

KOLOM REHAT
Optimisme Penyapu Jalanan

Ada kalanya kita dibuat kesal dengan perilaku buruk orang lain. Kendati demikian pabila kita menurunkan tingkat ego kita dan memetik pelajaran dari seorang penyapu jalanan yang selalu membereskan sesuatu yang dibuat berantakan oleh orang lain. Tentu kita kan jadi hamba yang memiliki derajat lebih.